Laman

Translate Here!!!

13 Mei 2012

Mudahnya Membuat Sushi Sendiri Di Rumah: Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, Ketimun, Wortel & Jamur



Kuliner Jepang sering kali membuat saya takjub dan kagum, bukan akan bumbu dan tastenya - karena terus terang kurang sesuai dengan lidah saya - kekaguman saya lebih pada bagaimana makanan tersebut ditampilkan dengan sangat menarik hati dan rapi. Bukan rahasia lagi jika menyajikan makanan dengan baik sangat penting di Jepang.

Sebagai contohnya adalah bento. Bento merupakan bekal makan siang yang dipersiapkan dengan hati-hati oleh para ibu atau wanita di rumah untuk suami, putra-putri atau diri mereka sendiri. Umumnya bento berisi nasi, ikan/daging, acar dan sayuran masak yang dikemas dalam sebuah kotak. Bahkan di Jepang, diselenggarakan kontes menata bento, dimana biasanya aneka ragam style bento ditampilkan sepertikyaraben atau karakter bento, bento yang didekorasi mengikuti tokoh animasi terkenal di Jepang atau oekakiben, picture bento, yang ini bento didekorasi sehingga mirip seperti manusia, binatang atau tumbuhan.




Okeh, kita kembali ke sushi, topik postingan kali ini. Sebagaimana halnya bento yang dipersiapkan dengan hati-hati maka sushi pun demikian halnya. Makanan ini juga umum disajikan untuk bento, dikenal dengan nama sushi bento. Sushi yang biasanya disajikan untuk bento ini adalah jenis makizushi/sushi gulung dan nigirizushi, sushi yang berupa kepalan nasi dan dihiasi dengan potongan daging ikan atau udang mentah diatasnya. Umumnya jika ke Japanese resto di Jakarta saya lebih suka memesan sushi jenis makizushi atau roll sushi, potongan-potongan nasi sushi berselimut nori dan diisi dengan sayur seperti ketimun atau telur dan ikan, dicocol dengan soy sauce dan sedikit wasabi. Hmm, oishii alias enak!

Yah, mungkin dari sekian makanan Jepang hanya sushi yang saya sukai dan membuatnya sendiri ternyata tidak susah lho. Bahan-bahannya kita cari yang sederhana saja dan hasil rasanya tidak kalah dengan sushi yang ada di restoran Jepang. Nah, untuk nasi sushinya, saya tidak menggunakan beras Jepang karena cukup mahal harganya, jadi saya menggunakan beras biasa saja plus sedikit beras ketan putih. Nasinya saya tambahkan dengan rice vinegar atau cuka beras seperti gambar dibawah, cuka beras ini bisa anda beli di supermarket besar atau toko bahan makanan Jepang/Korea dengan harga yang tidak mahal. Atau jika tidak mau repot, skip saja bahan tersebut. Bahan pengisinya, saya menggunakan wortel, ketimun, jamur, telur dadar dan daging asap. Jenis sushi roll seperti ini sangat fleksibel untuk diisi dengan lauk atau sayur apapun. Bahkan diisi dengan tempura udang atau tuna juga lezat.




Sushi paling lezat jika dimakan dengan soy sauce dan wasabi. Soy sauce atau kecap asin ini bisa menggunakan merk apapun ya, saya pernah menggunakan mulai dari merk Kikkoman, merk Korea yang saya tidak bisa membaca namanya karena huruf kanji hingga kecap asin ABC, semua enak kok.

Untuk wasabinya, anda bisa pakai atau jika dihilangkan dari resep juga tidak apa-apa, jika anda berniat menggunakannya maka wasabi bisa dibeli di supermarket besar yang menyediakan konter untuk Japanese Food. Ada dua jenis wasabi, berbentuk pasta siap pakai yang telah jadi atau bubuk tepung seperti yang saya gunakan.



Wasabi (Wasabia japonica) ini merupakan jenis tanaman keluarga kubis-kubisan yang umum digunakan sebagai penyedap masakan Jepang. Bagian tanaman yang digunakan untuk pasta adalah akarnya walaupun daun dan pucuk mudanya juga bisa dikonsumsi. Rasa wasabi pedas, menyengat tetapi berbeda dengan pedasnya cabai atau merica ya karena rasa menyengat wasabi walaupun sampai ke hidung tetapi hilang dalam sekejap. Kadang-kadang jika menikmati sushi di resto, saya dan teman-teman saling mentertawakan diri sambil berurai air mata karena sengatan wasabi yang lewat ^_^. Saran saya jika anda ingin membeli wasabi maka pilih yang berbentuk bubuk saja agar rasa tajam wasabi tidak mudah hilang. Gunakan seperlunya dan tutup rapat kemasannya.

Okeh, anda sudah mengantuk? Kita ke resep dan cara pembuatannya saja yuk.



Mudahnya Membuat Sushi Sendiri 
Di Rumah: 
Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, Ketimun, Wortel & Jamur

Resep diadaptasikan dari Just Hungry - Making Sushi Rice

Bahan untuk nasi sushi:
- 350 gram beras cuci bersih
- 1 genggam beras ketan
- 600 ml air

Penyedap rasa untuk nasi:
Untuk setiap nasi dengan berat 350 gram (cukup untuk 1 gulung sushi), anda membutuhkan takaran bahan penyedap seperti di bawah:
- 1/2 sendok makan rice vinegar
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam

Bahan isi (untuk 2 gulung sushi):
- 1 buat ketimun potong ukuran 1 x 5 cm
- 1 buah wortel, potong ukuran 1 x 5 cm
- 2 buah jamur, iris
- 1 buah telur ayam kocok plus 1/4 sendok teh garam, dadar
- 5 lembar daging asap, goreng matang
- 2 sendok makan kecap asin, untuk bahan perendam

Pelengkap:
- Wasabi
- Soy sauce atau kecap asin

Cara membuat:
Mempersiapkan bagian isi sushi:


Siapkan sayur yang akan kita pergunakan. Potong-potong memanjang ketimun dan wortel dengan ukuran kira-kira 1 x 5 cm. Biarkan ketimun dalam kondisi segar. Rebus sebentar wortel dan jamur, hanya agar layu. Masukkan terlebih dahulu wortel baru kemudian jamur, angkat jika jamur mulai layu. Tiriskan wortel dan jamur. Letakkan di mangkuk dan tuangkan 2 sendok makan kecap asin. Aduk rata. Sisihkan.


Panaskan wajan, goreng daging asap hingga kering, angkat dan tiriskan, serap kelebihan minyak dengan tissue dapur. Dadar telur dengan minyak sedikit, jika bagian dasar mulai mengeras sementara bagian atas masih cair, lipat dadar menggunakan ujung spatula kayu, lipat sebanyak dua kali sehinga telur agak tebal seperti gambar diatas, masak hingga telur dadar matang. Tiriskan. Potong-potong telur dan daging asap memanjang seukuran sayuran.

Mempersiapkan nasi sushi:


Cuci beras bersama 1 genggam beras ketan hingga bersih, tiriskan. Masukkan beras ke dalam rice cooker, beri air dan masak hingga nasi matang.

Dalam mangkuk kecil, tuang rice vinegar/cuka beras, gula dan garam, aduk-aduk hingga larut. Sisihkan.

Ambil kira-kira 350 gram nasi dalam kondisi masih panas ya, masukkan ke dalam mangkuk. Tuangkan sedikit demi sedikit larutan rice vinegar sambil nasi di aduk dengan pengaduk kayu atau plastik. Aduk nasi hingga campuran merata dan nasi menjadi agak lembab dan lembek serta menempel satu sama lain. Susah untuk dijelaskan dan saya lupa foto, yang jelas nasi agak menggumpal tetapi tidak terlalu basah. Kipas-kipas nasi selama diaduk agar uap air hilang.

Membungkus Sushi



Semua bahan telah siap, sekarang kita akan bungkus sushi dengan nori atau rumput laut.

Siapkan sushi mat atau anyaman bambu untuk membungkus sushi. Sushi mat bisa di beli di supermarket bahan makanan Jepang atau toko bahan makanan Jepang dan Korea. Anda juga bisa menggunakan kain serbet bersih untuk menggulung sushi atau tatakan piring untuk meja makan yang terbuat dari anyaman bambu atau lidi.



Letakkan sushi mat diatas meja, beri selembar nori diatasnya. Letakkan dua gumpalan nasi sushi di salah satu ujung nori, ratakan dengan sendok yang dibasahi air atau jari-jari tangan yang dicelupkan ke air agar tidak lengket. Jangan sekaligus menaruh banyak nasi ke nori ya karena jika nori terkena nasi panas menjadi sulit diatur. Tambahkan gumpalan nasi kembali ke atas nori dan ratakan sehingga nasi memenuhi permukaan nori.

Taruh irisan sayur, telur dan daging asap diatas nasi, rapikan.



Gulung sushi dengan menekuk sushi mat, gunakan dua buah ibu jari untuk mendorongsushi mat dari bawah sementara jari-jari tangan anda yang lain menahan isi sehingga tidak berhamburan dan tergulung bersama nasi. Sementara telapak tangan mendorongsushi mat menjauhi badan anda sehingga sushi mat membentuk satu gulungan. Tekan nasi selama menggulung agar sushi padat.

Potong-potong sushi dengan ukuran 1 1/2 cm. Lakukan hingga bahan habis.

Penyajian sushi



Sushi umumnya disajikan dengan dicelupkan kedalam soy sauce atau kecap asin dan wasabi. Jika wasabi yang anda gunakan berbentuk bubuk seperti gambar diatas maka larutkan 1 sendok makan wasabi dengan 1/2 sendok makan air matang dan aduk rata hingga menjadi pasta.



Sushi siap dihidangkan dengan soy sauce dan wasabi. Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar